1. BAND ROCK Indonesia, TAHUN 70-AN

Januari 16, 2008 at 7:31 pm 54 komentar

GOD BLESS

Sejarah God Bless tidak terlepas dari perjalanan karir Achmad Albar, vokalis sekaligus pentolannya.  Iyek, begitu ia sering disapa,  setelah melanglang buana di Belanda dan kembali ke Indonesia, ia pun berangan-angan membentuk sebuah band. Bersama Ludwig Le mans, gitaris Clover Leaf, band Iyek ketika masih di Belanda, Iyek lalu mengajak Fuad Hassan (Drum), Donny Fattah (Bass) dan Deddy Dores (Kibord) untuk membentuk sebuah band. Tahun 1972, formasi ini mengikuti pentas musik “Summer’28” semacam pentas “Woodstock” ala Indonesia di Ragunan, Jakarta, yang di ikuti berbagai grup dari Indonesia, Malaysia dan Filipina.
Tapi tak lama setelah itu, Deddy Dores keluar dan di gantikan Jockie Soerjoprajogo. Formasi ini pun mulai getol berlatih di kawasan puncak, Jawa Barat dan mematok nama God Bless sebagai nama grup mereka. Tanggal 5-6 Mei 1973, untuk pertama kalinya God Bless tampil di depan publik, di Taman Ismail Marzuli (TIM) Jakarta.
Tahun 1975, formasi God Bless yang paling solid yakni Achmad Albar (Iyek), Donny Fattah (Bass), Jockie Soerjoprajogo (Kibord), Teddy Sudjaja (masuk menggantikan Keenan Nasution yang sebelumnya juga menggantikan Fuad Hassan yang meninggal dunia akibat kecelakan) dan di tambah sang gitaris handal Ian antono. Meraka merampungkan Album perdana Huma diatas Bukit yang merupakan soundtrek film yang di sutradarai oleh Suman Djaya.
Tahun 1970-an, boleh dibilang adalah masa kejayaan God Bless di panggung. Diantara beberapa band Rock yang timbuh saat itu, sebut saja macam Giant Step, The Rollies dan AKA, God Bless hampir tak tertandingi. Kendati kerap mengusung reportoar asing milik Deep Purple, ELP, hingga Genesis, namun aksi panggung serta skill masing-masing porsonelnya boleh dibilang di atas rata-rata. Di tambah lagi God Bless pernah mendapat kehormatan untuk mendampingi konser Suzi Quarto dan Deep Purple di Jakarta.
Namun keseringan menyayikan lagu asing, macam milik King Ping Meh, Queen, Edgar & Jhonny Winters, Deep Purple dan Genesis membuat gaya musik para personel God Bless sedikit banyak terpengaruh. Hal tersebut tergambar jelas dalam pengarapan album perdana mereka, Huma Diatas Bukit yang cukup banyak terpengaruh sound Genesis.
Menjelang pembuatan album kedua Jockie Soerjoprajogo keluar dari formasi dam memilih mengerjakan proyek album solonya serta menggarap proyek Badai Pasti Berlalu, album yang melejitkan penyanyi Chrisye. Posisi Jockie Soerjoprajogo kemudian di ambil alih oleh Abadi Soesman yang bergabung tahun 1979 dan ikut terlibat di pembuatan album kedua cermin (1980).
Di album ini konsep musik God Bless sedikit berubah. Sentuhan permainan kibord Abadi Soesman yang banyak di pengaruhi unsure musik jazz dan The Beatles menjadikan ramuan aransemen lagu=;agunya terkesan lebih rumit dan membutukan skill tinggi dalam memainkannya. Tapi menurut Abadi, album yang sebagian besar materinya di rekam secara live tersebut tidak terlalu memuaskan mereka. Karena sebelum rekaman, kami sudah memainkan lagu-lagu itu selama setahun penuh, katanya suatu ketika.
Dua tahun setelah album cermin dirilis, Abadi Soesman mengundurkan diri. God Bless sendiri vakum beberapa tahun. Di tengah kevakuman God Bless, Achmad Albar banyak mengeluarkan album solo dan bekerja sama dengan beberapa musisi, sebut saja Areng Widodo, Ucok AKA Harahap, dan pernah membuat Album Dangdut (Zakia dan Laguku)
Tahun 1988, God Bless menggebrak dengan lagi lewat album Semut Hitam, yang kembali menghadirkan permainan kibord Jockie Soerjoprajogo. Di album ini lagi-lagi konsep musik God Bless berubah. Dari tadinya lebih bernuansa rock progresif secara drastic berubah menjadi sedikit lebih keras karena pengaruh musik hard rock dan heavy metal yang mengikuti zamannya waktu itu.
Secara komersil, boleh dibilang album semut hitam yang antara lain melejitkan lagu kehidupan, semut hitam dan rumah kita ini cukup sukses. Sayangnya, keberuntungan tersebut tidak di barengi oleh keharmonisan hubungan di antara personelnya serta pihak manajemen.
Buntutnya, Ian Antono menyatakan hengkang dari grup yang membesarkan namanya ini. Posisinya kemudian di gantikan oleh gitaris muda berbakat dari Borneo, Eet Sjachranie yang sebelumnya sempat memperkuat bandnya Fariz RM dan grup Cynomadeus.
Ian Antono sendiri, setelah keluar dari God Bless terhitung sukses merintis karir solo sebagai pencipta lagu, arranjer dan produser. Ia berhasil melambungkan nama Ikang Fauzi, Nicky Astria dan menyegarkan karir Iwan Fals kembali lewat album Buku ini aku pinjam dan Mata Dewa.
Setelah Album Semut Hitam (1988), tidak berlama-lama lagi di tahun 1989 God Bless langsung merilis album Raksasa. Untuk kesekian kalinya konsep musik God Bless goyah lagi. Di Album Raksasa, permainan gitar Eet Sjachranie yang sangat modern sangat mempengaruhi pada perubahan musik God Bless. Selain lebih keras juga terkesan lebih bright dan serat akan sound rock yang trend di akhir tahun 1980-an. Di album ini melejit lagu Maret 89, Menjilat matahari, Raksasa yang sangt kental dengan permainan gitar Eet Sjachranie yang banyak terpengaruh musik Van Helen dan juga ACDC.
Ditahun 1991 God Bless merilis Album Story Of God Bless yang merupakan lagu-lagu lawas mereka yang di rilis ulang sebut saja lagu Huma diatas Bukit, Sesat, Musisi, Setan Tertawa, She Passad Away adalah lagu-lagu yang di arensmen ulang dan sangat lebih segar, modern.
Setelah album ini grup band yang menjadi tonggak musik rock di Indonesia ini vakum dan masing-masing poersonil nya sibuk dengan proyeknya sendiri-sendiri. Sebut saja Eet Sjachranie dengan Edane nya. Jockie Soerjoprajogo dengan Kantata Takwa, Swami dan juga Suket serta melambungkan nama Mel Shandy dan Ita purnama Sari. Donny Fattah dengan Kantata Takwa juga dan melambungkan grup pendatang baru Power Metal. Teddy Sudjaja yang memproduseri dan menciptakan lagu-lagu Aggun C Sasmi.
Achmad Albar sendiri dengan solo nya yang cukup sukses.
Selain itu juga diawal tahun 1990-an banyak bermunculan Band-band muda berbakat sebut Slank, Power Metal, Grass Rock, Elpamas dan Kaisar. Dan ironis nya di awal tahun 1990-an itu juga muncul grup band yang merupakan duplikat dari God Bless sendiri yakni Gong 2000 di mana tiga porsonelnya Achmad Albar, Ian Antono dan Donny Fattah serta di tambah Harry Anggoman (Kibord) dan Yaya Muktio(Drum) melejit dengan lagu-lagu Rock yang bernuasa pentatonic Bali, dan ada beberapa lagu lawas God Bless yang masuk di Album Gong 2000 ini.
Selang beberapa tahun vakum yang cukup panjang, di tahun 1997, para porsonel God Bless, termasuk Eet dan Ian Antono kembali berkumpul. Workshop yang mereka gelar di kawasan puncak, Bogor menghasilkan album berjudul Apa Khabar, yang merupakan album kerinduan mereka untuk kembali berkibrah di panggung musik.
Kisah selanjutnya setelah penggarapan album Apa Khabar, Eet Sjachranie resmi mengundurkan diri dari formasi God Bless dan konsentrasi untuk bandnya sendiri EDANE, yang sejak tahun 1992 sudah merilis album perdananya, The Beast.
Menjelang penggarapan album-album terbaru God Bless giliran Jockie Soerjoprajogo dan Teddy Sudjaja yang mengundurkan diri. Penggaran album pun menjadi terlambat, sepanjang tahun 2000 hingga 2005 God Bless belum juga merilis album lagi. Sepanjang tahun 2000 hingga 2006 ini banyak nama-nama yang sempat mengisi kekosongan di tubuh God Bless di antaranya, Kembalinya Abadi Soesman, Inang Noorsaid, Iwang Noorsaid, Harri Anggoman, Yaya Muktio dan Gilang Ramadhan.
Entah sekarang bagaimana khabar grup yang menjadi leganda musik rock Indonesia ini. Terakhir mereka masih manggung di acara Amild Live Soundernaline dan acara tahun baruan di Ancol dengan formasi Achmad Albar, Ian Antono, Donny Fattah dan Gilang Ramadhan. Salut buat God Bless di usia yang tidak muda lagi mereka masih garang di atas panggung.

Album God Bless :
1. Huma diatas Bukit (1977)
2. Cermin (1980)
3. Semut Hitam (1988)
4. Raksasa (1989)
5. Story of God Bless (1991)
6. Apa Khabar (1997)

 

About these ads

Entry filed under: Music. Tags: .

THEODIZEE OF TOURISM IN BALI? 2.BAND ROCK Indonesia, TAHUN 70-an

54 Komentar Add your own

  • 1. Dodi Irawan  |  Februari 22, 2008 pukul 4:39 pm

    wow……
    i know this band from my father….
    dan sejak itu……..u’r the best man

    Balas
  • 2. ARDHYE  |  Maret 27, 2008 pukul 9:53 am

    diadakan dong……
    KONSER BARENG BERSAMA ROCK BAND LEGENDARIS kayak godBless,power metal,power slave,grass rock,dll

    NO SAY TO DRUG.. !.. !.. !

    Balas
    • 3. dday  |  Mei 26, 2009 pukul 3:47 am

      hallo smua lam knal ya ….

      Balas
    • 4. dday  |  Mei 26, 2009 pukul 3:48 am

      SATU LAGI …
      BARENG NIRVANA JG .

      Balas
  • 5. soulidaritas  |  Maret 27, 2008 pukul 10:51 pm

    OKE MAN…DIUSAHAKAN..TUNGGU TANGGAL MAINNYA…

    Balas
  • 6. Jalal  |  Mei 14, 2008 pukul 12:33 pm

    Kalo main musik Rock memang mereka lama juga, tapi itu bukan berarti mereka itu sebagai bapaknya musik rock. Seperti Andy Tielman yang arek soeroboyo itu juga mempengaruhi dunia musik rock eropa dijaman Ahmad albar muda dulu, Tapi kenapa disini ga dikenal ya? Lalu Eki Lamoh, orang yang begitu hebatnya bisa hilang begitu saja. Aneh banget ini bangsa ya? Kalo Rock and roll itu sudah ada sejak Andy Tielman God Father of Indonesian Rock, tapi, Eki Lamoh membuat pembaharuan di musik Rock Indonesia dan orangnya hilang gitu aja. Katanya maklah jadi supir taksi buat cari makannya, apa benar bos?

    Balas
    • 7. dadan ramdhan  |  Juni 29, 2009 pukul 4:02 am

      eki lamoh pernah muncul di zona 80 bln maret 2009, jadi konsultan musik rock kayanya

      Balas
  • 8. herman rock  |  Juli 11, 2008 pukul 4:43 am

    God Bless pioner rock dengan nafas indonesia, itu hrs diakui wlo influence ttp dr rock barat, but nuansa musikal yg terbangun membumi sekali dengan selera dengar masyarakat Indonesia, dan menjadi banyak inspirator bagi musisi maupun grup rock era berikutnya, Rock jaya di udara

    Balas
  • 9. yopu  |  Juli 19, 2008 pukul 6:06 pm

    pengen cari kasetnya rocker 90an,kayak andy liany,hengky supit,grassrock,P metal,P slave,vodoo,U”CAM,dll,dimana ya?

    Balas
  • 10. yopu  |  Juli 19, 2008 pukul 6:11 pm

    pengen cari kasetnya rocker 90an,kayak andy liany,hengky supit,grassrock,P metal,P slave,vodoo,U”CAM,dll,dimana ya?..di Tegal dah ga ada

    Balas
  • 11. mesin tempur  |  Agustus 8, 2008 pukul 1:43 am

    dimanakah saya bisa mendapat mp3 the legend rocker indonesia band???
    AKA
    GIANT STEP
    dll…???

    Balas
  • 12. ENDY H  |  Agustus 15, 2008 pukul 2:48 am

    tolong lagu band GOODBLESS & EDANE dibuatin MP3 dan Video Klipnya

    Balas
  • 13. agoeng noegroho  |  Agustus 15, 2008 pukul 9:49 am

    Aku kangen grup Rock asal Jawa Timur : Grass Rock, Power Metal, Andromeda dan Mel Shandy

    Balas
  • 14. budi setiawan  |  Agustus 15, 2008 pukul 11:26 am

    Dimana dan giimana caranya aku mo beli kaset or mp3 lagu dari rapsodia, golden wing, rasela, paramor, aka/sas, favoriets dan grup seangkatan mereka

    Balas
  • 15. alike.wordpress.com  |  September 8, 2008 pukul 4:01 am

    benar tuh..cari lagu-lagu mp3 rock lama di mana yah..? ane juga butuh banget. trims yah

    Balas
  • 16. dhika  |  September 16, 2008 pukul 1:15 am

    terncem juga 70 an lho, siapa pengin tahu aku banyak data tentang dia, malah dari narasumber nya

    Balas
  • 17. irman  |  September 26, 2008 pukul 7:27 am

    salut buat god bless, sebagai legenda musik rock indonesia. kapan manggung lagi.

    Balas
  • 18. andy  |  Oktober 19, 2008 pukul 4:16 pm

    yup…gw sering bilanginma adik2 n tetangga gw yg umur 20-an ke bawah betapa berkualitasnya musikterutama bergenre rock saat itu…gakkayak peter pan, the titans apalagi kangen band dan si st 12 anjinggggg!!! itu…tampilan sangar lagunya letoy….

    Balas
  • 19. hadi s.  |  November 12, 2008 pukul 2:09 am

    Rock never die !!!.
    Yang merusak warna musik rock indonesia 100% adalah para musisi dari Bandung, buktinya gampang sekali mereka masuk dapur rekaman tanpa latar belakang dan pengalaman bermusik yg layak.
    So, nepotìsme tak hanya di birokrasi.

    Balas
    • 20. Budak Bandung  |  April 22, 2011 pukul 6:08 pm

      yayaya.. ehm, shark move, giant step, superkid, rollies, freedom of rhapsodia memang tidak punya pengalaman musik yang layak. sampai sekarang juga bandung memang tidak punya band rock yang bagus..yah..kita cuma punya koil, burgerkill, the s.i.g.i.t, komunal,
      lalu yang metalnya juga cuma jasad, bleeding corpse, forgotten, beside..musisi bandung memang tidak berskill, suka nepotisme.. Mas Hadi S mungkin jauh lebih jago..

      Balas
  • 21. javajo  |  Desember 18, 2008 pukul 9:52 am

    ak pengin download lagu2 PWRMTL, dimana coy……???

    Balas
  • 22. Powerline  |  Desember 22, 2008 pukul 8:53 pm

    Hidup metal rock. Gw sma band gw sring juara festival gara2 slalu bawain lagu rock, trutama lgu2 power metal. Yah kalo bawain lagu2 letoy kaya kangen band,peter pan, st 12 ampe mati juga ga bakalan bisa juara klo d bawain d festival band. ROCK IS THE BEST
    Never die

    Balas
  • 23. eq  |  Februari 14, 2009 pukul 1:32 am

    dimana saya bisa dpetin lagu “Giant Step”?

    Balas
  • 24. NamaSamaran  |  Februari 17, 2009 pukul 4:27 am

    70an is the best, ada yang tau situs mnusik 70an gak? yhx

    Balas
  • 25. donwill panggabean  |  Februari 20, 2009 pukul 10:25 am

    di republik yang udah mau runtuh ini, hanya ada dua band pada posisi paling terhormat yaitu: Tielman Brothers dan AKA !

    long live rock n roll !

    Balas
  • 26. haris siagian  |  Maret 4, 2009 pukul 5:35 am

    mencari mp3 ucok AK atau duokribo, bisa bantu???

    Balas
  • 27. sri  |  April 14, 2009 pukul 1:41 pm

    mau nyedot, aka,godbles,gianstep dll bisa di hujanmusik blospot.com atau musik345 blogspot.com

    Balas
  • 28. tegar  |  April 16, 2009 pukul 3:37 pm

    gw mau kasih info kalo gw punya koleksi kaset rock dari era 70-an ampe sekarang….
    kalo mau beli hubungi 02193451064(dani)

    Balas
    • 29. dedy  |  Juni 7, 2009 pukul 7:20 am

      Bro, kalo ada MP3 nya godbless album huma diatas bukit n cermin kasih info ya jgn pake lama2, n albumnya Edane album the beast juga yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. gw tunggu mailnya…. lm kenal
      dedi di bangka

      Balas
    • 30. mansur  |  Juli 1, 2009 pukul 4:05 pm

      gue pengen bnget nyedot albumx sas,gobles,the rollis & ..aka,konco2 ada yg bisa bantu ………hehehe …matur nuwun..

      Balas
  • 31. tegar  |  April 16, 2009 pukul 3:38 pm

    oke

    Balas
  • 32. dedy  |  Juni 7, 2009 pukul 7:15 am

    dr lahir hingga tua neh, masih pengen liat group band gue godbless tetep exis, selamat ulang tahun n berkarya kembali…..
    kami rindu Paman Akhmad Albar, Om Ian Antono, Om Donny, Om Jockie dll….. kami tunggu album barunya……………….

    Balas
  • 33. jim rocker  |  Juni 24, 2009 pukul 9:51 am

    I LOVE GODBLESS AND GIANT STEP….musik mereka gila !!!

    Balas
  • 34. gundul  |  Juli 1, 2009 pukul 4:22 pm

    musisi skrng hebat lo.tampang ngerock banget, lagunya he..he..rok cekak,rok bedah,rok pendek,rok panjang,,,

    Balas
  • 35. taufid  |  Oktober 9, 2009 pukul 1:52 pm

    ko skrng band metal jarang muncul d acara tv

    Balas
  • 36. sidanang weah  |  Januari 13, 2010 pukul 1:06 am

    ada yang punya review grup Golden wing gak??

    Balas
  • 37. belum buat  |  Januari 27, 2010 pukul 1:11 am

    kalo mw cari lagu2 rock lama di kawasan jatinegara dan blok m mall paling bawah…band sekarang pakainya aja rock tapi nyanyinya lagu cengeng…ky the virgin, dan artis2 lain….NORA bangetttt

    Balas
  • 38. dick  |  Maret 12, 2010 pukul 7:25 am

    gw suka lagu ” cermin “….acapella abissss!!!!

    Balas
  • 39. Budi Bayudi S  |  Maret 20, 2010 pukul 11:38 am

    Wow… Gobbless gua inget bener,dulu selalu bawain lagu Deep Purple & gua juga nonton waktu GB main di Ancol kalau enga salah Rock Merah Putih & Zebra Rock Vestifal di Senayan, kalau enga salah lupa..but ..keren bener…..& waktu itu masih ada Cockpit ( ALM Fready Tamaila ) ,Grassrock masih ada ( Alm Dayan),SAS juga ada dan Toto Tewel grubnya LED Specktrum Band sebelum Elpamas …bawain Black Dog keren bener…
    Dodi Katamsi juga mantab…itu yg gue inget bener….& tentu Acid Speed ( Riko & Coldun yg gue inget bener Satiisfaction nya….

    Balas
  • 40. satria mandala  |  Juni 2, 2010 pukul 2:50 am

    bang mo nanya lagu yg lirik pada reffnya bunyinya gini…….##USAH KEMBALI PADA MASA YG SILAM, KITA NIKMATI HARI TERANG DI DEPAN##JUDULNYA AP YA….?thanks

    Balas
  • 41. Wan Irnal Eka Putra  |  Juni 24, 2010 pukul 9:44 pm

    hai all slam kenal muanY-
    pliis share ke blog gue yy
    thanks

    Balas
  • 42. bowox  |  September 13, 2010 pukul 8:58 am

    kapan band Rockmaen di Semarang..

    Balas
  • 43. bowox  |  September 13, 2010 pukul 8:59 am

    Rock is My Live..

    Balas
  • 44. latief  |  Oktober 16, 2010 pukul 3:10 pm

    bagii yg mau carii kaset musik rock tahun 1970-2010 nhe hub: 02192701379

    Balas
  • 45. Tri Abdi (TRAY)  |  November 6, 2010 pukul 10:06 am

    Maju terus music Rok Indonesi………….

    Balas
  • 46. Tri Abdi (TRAY)  |  November 6, 2010 pukul 10:09 am

    Maju terus music Rok indonesia…………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 47. ardiean  |  Januari 9, 2011 pukul 3:01 am

    ayo band rock indo , , , , , , , ,kbarkn bndra rock di indo j9n klah d9n grub band yg lgu`a cegeng , , , , , , , , ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,SALAM 3 JARI bwt rockers di SOLO

    Balas
  • 48. akbar  |  Februari 27, 2011 pukul 3:42 am

    konser d’denpasar bali dong…

    Balas
  • 49. akbar  |  Februari 27, 2011 pukul 3:43 am

    godbless konser d bali lah…

    Balas
  • 50. ariston  |  April 28, 2011 pukul 10:08 pm

    Memang kangen dengerin karya music Band2 Rocknya indonesia, denger kulikan gitarnya yg bikin rambut kusut..,bassnya yg bikin pala ngangguk2..,drumnya yg bikin jantung berdenyut…,dan suara vokalisnya yg bikin aliran darah seakan terpompa kencang menuju ubun2 yang semakin membuat pendengarnya semangat.
    Salut untuk Musisi2 Rock Indonesia, mudah2an langkah kalian ada yang meneruskan nanntinya entah kapan kita hanya bisa menunggu. Walaupun kita tidadak bisa melihat merekan menggebrak panggung lagi tapi kita masih bisa mendengarkan karya2 mereka di alat2 electronik yg kita miliki.
    Jaya terus buat Musisi Indonesia,jangan pernah berhenti berkarya.
    God Bless Musik ROCK INDONESIA,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    Balas
  • 51. RND  |  Juni 22, 2011 pukul 8:06 am

    Pokoknya lagu rock gak akan habis ampe kiamat,salut bwat band rock di seluruh Indonesia

    Balas
  • 52. Rama  |  Juli 1, 2011 pukul 3:53 am

    http://klasikrock-klasikrockindonesia.blogspot.com

    silahkan klik link di atas, untuk MENIKMATI HIDUP DENGAN MUSIK YANG SEHARUSNYA MEMBUMI,..

    Jaya Indonesiaku,

    =Rama_Sukabumi=

    Balas
  • 53. suheri  |  September 27, 2011 pukul 1:13 pm

    komplit banget nih ulasannya….salut deh….aku juga ngalami jaman itu..dan khusus eki lamoh aku juga kangen suara khasnya dan pernah ketemu di kereta wah caur banget kayanya malah tekesan kasihan banget dan beliau pernah bilang dalam suatu acara “aku hanya rocker miskin ” kalau ga salah seperti itu..tapi kalau jadi supir taksi sayang banget ya…kalu cari kaset di bogor juga banyak dan di cikini ada banyak mas…suheri.en@gmail.com

    Balas
  • 54. andi  |  Oktober 25, 2011 pukul 4:47 pm

    ROCK INDONESIA…..memang keren di era 80-90… sebut saja elpamas dengan lagunya macan betina…dan masih banyak dedengkot rock indonesia lainnya…. kapan ya mereka konser bareng…..??

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


TANGGALAN

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Kategori

Arsip

Blog Stats

  • 97,597 hits

Top Clicks

  • Tidak ada

Feeds


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: